3.15.2012

The Making Of : Snorkel-Man Ep.1

Difficulty Level: Medium

Sutradara : Dian tri handoko

CAST:
Muhammad Ajib -- Snorkel-Man
Agus Purwanto --  Mr. Dickhead
Novi Kurniawati -- korban
Wigih Sumargiono -- Goons 1
Dian tri handoko -- Goons 2

yep, tugas kuliah. dimana-mana yang ada embel-embel kata “Tugas”-nya mesti bikin sesuatu yang aku suka mesti jadi berasa lebih sulit. misalnya Aku suka Jogging, trus dikasi Tugas Jogging sama dosen. itu artinya kita selain harus jogging, Laporan tentang Per-jogging-an juga kudu Dinilai. dan Jogging kita dinilai.
Intinya (walaupun mungkin saja aku yang salah pola pikirnya) Aku selalu males kalo segala sesuatu harus Di-microssoft word-kan lebih dulu.
Jadi ceritanya, aku ngikut mata kuliah Videografi pas progsus. dan layaknya mata kuliah progsus lain, biasanya dikasi tugas aja. dan yang bikin males, di DKV ada tradisi kalau DI matkul videografi biasanya anak-anak yang pada dapet nilai bagus pada bikin film Dokumenter. nah lo, dari Nama-nya aja udah males. Dokumenter!!. siapa yang gak males coba?!
Akhirnya aku nyoba Menghadap pak Gun dengan Draft Naskah ceritaku sendiri, nge-lobby. segala tehnik nge-lobby yang aku tau kekerahin. mulai dari ngerayu biasa, pura-pura maenin rambut, nangis, Buka rok-buka beha, dan semua tehnik yang diajarin di film-film bokep udah kulaksanakan. dan akhirnya boleh bikin film cerita.
Cerita yang kubikin sederhana aja sih, cuman soal seorang superhero lemah syahwat yang berantem sama musuh bebuyutannya demi sebuah Donat. yah Donat!!. aku juga heran gimana Draft ngawur gini bisa lolos Sensor-nya pak Gun. Yang jelas …. 

Pak Gun Approves






Pra-produksi

ini proses yang bagi kebanyakan orang (termasuk Aku) nyebelin banget. di bagian ini naskah diketik dan storyboard. Dalam kasus-ku sih, malah storyboardnya yang jadi duluan. Naskahnya malah baru jadi pas filmnya udah FINAL rendering.

Storyboard Snorkel-Man ini bikinnya pake Software dari Innoventive studio bernama Frameforge

Frameforge 3D studio
contoh storyboadnya

Software ini emang dibikin buat ilustrasi adegan untuk para sutradara/filmmaker yang kebetulan belum punya tim DOP atau yang ga bisa menggambar sendiri storyboardnya (FACT: ga semua sutradara/penulis cerita bisa menggambar). atau bisa juga untuk Makhluk kaya saya yang mau bikin film pendek tapi terlalu males buat gambar beberapa halaman storyboard.
ehm...intinya Software ini berguna banget, walaupun susah digunakan pada awalnya. Bahkan software ini bisa juga buat bikin animasi pendek dari storyboard manager yang udah jadi.

teorinya, naskah dan storyboard gunanya buat dijadiin acuan pas shoot dan nyatanya TERBUKTI EMANG MEMBANTU BANGET!. pas shooting walaupun banyak scene yang dishoot gak urut, tapi tetep aja semua gambar berhasil keambil. dan ga ada adegan yang belum keambil.

Produksi

harusnya, sesaat setelah Storyboard disetujui naskah udah bisa di-take. namun, baru dua bulan kemudian proses shooting akhirnya kelakon juga. konon hal ini disebabkan waktu itu aku masih getol-getolnya maen sana-sini. aku secara resmi mangkir dari tugas. Dan orang yang rencana-nya mau dijadiin tokoh utama juga keburu kabur ke Batam mencari nafkah. hehe.
 
 Dan...baru dua bulan kemudian juga akhirnya shooting dengan cast seadanya. ada Ajib sebagai snorkel-man, Novi sebagai korban, wigih sebagai Goons 1, Aku sebagai Goons 2 dan Agus sebagai Mr. Dickhead.

Ahhh...Agus. orang yang baik.
dokumentasi syuting

kostum Snorkel-Man cuman dibikin dari Sarung tangan, Sepatu Boot kuli bangunan dan Google selam yang di-Pylox Merah. Trus gak Lupa Sayap-sayapan Ala Superman warna Merah Nge-jreng. Dijepit dengan Clip kertas di kerah kaosnya Ajib. Cakep bener.

gak lupa, ngambil gambar buat assets GreenScreen. Green Screen-nya cuman pake kain ijo yang gede dan lighting-nya pake sinar matahari aja. dan terbukti cukup effektif pas Compositting nanti.
Dickhead yg di green screen

Snorkel-Man yg di green screen







Lokasi syutingnya juga ga jauh-jauh dari lingkungan kampus sendiri. di Rooftop gedung Ekonomi yang sebelahan sama Gedung D7-nya sastra. Yang anehnya, bahkan di sekitaran lingkungan gedung Sastra yang terkenal mahasiswa-nya suka aneh2, kita masi disamperin Satpam juga. untungnya Gambar yang kubutuhin udah keambil semu`.

konsumsi??...seluruh Cast (kecuali sutradara-nya) di film ini cuman diumpanin sekotak Donat yang kebetulan juga jadi properti dalam film ini. Tepung dan gula udah jadi tradisi dan digunakan juragan-juragan tebu Jaman dulu untuk konsumsi budak pekerja di kebun kopi-nya. gak perlu Nasi dan daging, apalagi susu. Jenius sekali. d^_^b

Total Waktu Syuting cuman setengah hari. udah termasuk Ngopi-ngopi dulu sama ngerekrut Cast dadakan.


Post-Produksi

Untungnya bekerja dengan digital adalah, kita ga perlu proses yang ribet kaya transfer dari Tape mini DV/DV Ke digital yang satu file-nya aja bisa makan Space puluhan Gigabyte. apalagi yang kameraku dulu yang pake DVD, beugh!!...kudu nge-RIP dvd dulu baru bisa dapet data digitalnya. serasa membajak karya sendiri.

kebetulan aku ngerekam-nya pake DSLR, jadi tinggal colok Memory-card-nya, copy Paste...Beress!!!

Ini Yang Penting: Jangan burt-buru nyalain Affter effects, atau Nuke, atau Combustion, atau software special effek/composite yang lain. Film mentah-nya harus udah jadi dulu. jadi Aku gaj perlu ribet-mikirin timing pas masukin assets yang mau dipake pas spesial FX. STRUKTUR FILM-NYA HARUS UDAH BENER DULU !!.

dan dibukalah Premiere



premiere structure editting

Nyusun Filmnya Pake pedoman dari Naskah dan Storyboard (satu lagi pentingnya Storyboard). jadi editornya gak ngawur pas ngatur adegan dan suara di dalamnya. satu sequence aja. dirender jadi dua file: Video (Mpeg) dan Audio (Wav)...Dan Beress!!
 
selanjutnya, proses yang paling kita suka: ngasih Special FX dan compositting !! 
 
Mari kita sambut AffterEffects 

masukin Green screennya Snorkel-Man
Green screen-nya snorkel-man dikasih keylight
di-masking dan dianimasikan sesuai alur gerakannya
Efek yang ditambahin cuman pas adegan tendangan-nya snorkel-man sama Agus yang mental terkena ledakan. Buat green-screennya cuman pake effek Keylight yang udah ada di aftereffects, gak perlu plugin tambahan dari luar. Sedangkan buat assets ledakan-nya aku dapetnya dari action essential-nya videocopilot. Sebenarnya banyak situs yang nyediain assets video berkualitas dan gratis kaya Detonationfilms. Tinggal dipilih aja ledakan yang cocok sama video kita. 


nambahin ledakan
nambahin animasi dan masking-nya Dickhead
Jujur, scene yang paling kunikmatin banget pas composite-nya ya pas bikin Agus mental itu.
Ahh...Agus!! Kita selalu sayang sama ini anak.

kalo disuruh bikin cerita Snorkel-Man lagi. aku bakalan bikin cerita yang lebih ringan. misalnya agus ga jadi mental di kejauhan, tapi palunya uda dimasukin ke dalam jaket. trus meledak di badannya agus. trus badannya ancur. kepalanya mental ke selokan. ususnya terburai kemana-mana. kaki-nya angus kaya tempe gosong. Limpanya ancur jadi potongan kecil-kecil, trus dikasi buat makanan kucingnya Edo.

.

..

...
Anyway, gambar dan assets yang uda pada tempatnya di-Matching-in se-sama mungkin.
dan...Render!!

Selesai??! tentu saja belum...!!
Berhubung output dari aftereffectr biasanya ukurannya super gede jadi perlu dikecilin lagi.
ku-oper lagi ke Premiere untuk render ulang biar ukurannya jadi kecil, masukin musik, efek suara buat ledakan dan lain-lain tadi, dan tentu saja ngasihin Tone buat film kita.


premiere akhir buat nambahin soundeffects, musik dan coloring

Render dan Selesai!!

Repot banget yah pake pindah2 software buat ngedit satu film doing ?!...dulunya aku malah pernah nyobain kerja langsung satu video di Afftereffects, dan terbukti banyak yang miss edittingnya. Masalahnya Aftereffects gak Bener-bener Support sama editing video. Playback-nya aja paling lama sekitar 10 detik-an. Intinya, lebih baik video yang masuk di after effects adalah video yang udah ditata struktur adegannya. Biar gak repot.

Kenapa Premiere? Kenapa Afftereffects?...aku ga bilang kalo kedua software ini yang paling baik atau gimana. Hanya saja kebetulan aku lumayan bisa kedua software ini. Aku sendiri punya kopian Nuke di harddisk komputer. Tapi hingga detik ini, aku belum dapet sumber yang lengkap untuk mempelajari software ini. Mungkin nanti.

Beberapa orang lebih nyaman menggunakan software lain untuk editing video seperti Edius, Vegas, hingga Ulead. Sedangkan untuk composite, beberapa orang juga lebih enjoy pake Motion, Nuke atau combustion.

Terserah!! Pada prinsipnya kita harus bisa nyaman dengan apa yang kita kerjain. Film pada dasarnya adalah seni bercerita. Yang penting bukan bagaimana kita bisa editing bikin robot besar yang bisa ngancurin bangunan dan penuh ledakan di sana-sini, tapi bagaimana kita bisa menularkan terror-nya ke penonton. bagaimana kita bisa mempengaruhi psikologi orang. Bagaimana penonton bisa mengerti dan masuk ke dalam cerita kita.
  

...Enjoy!!...


 





 Mulai dengan sesuatu yang sederhana, jangan bikin software membuat semuanya jadi rumit dan merusak apa yang kita sukai.

Hey making making movie is supposed to be fun, remember?!




No comments:

Post a Comment