Difficulty Level: Medium
Sutradara : Dian tri handoko
CAST:
Muhammad Ajib -- Snorkel-Man
Agus Purwanto -- Mr. Dickhead
Novi Kurniawati -- korban
Wigih Sumargiono -- Goons 1
Dian tri handoko -- Goons 2
Sutradara : Dian tri handoko
CAST:
Muhammad Ajib -- Snorkel-Man
Agus Purwanto -- Mr. Dickhead
Novi Kurniawati -- korban
Wigih Sumargiono -- Goons 1
Dian tri handoko -- Goons 2
yep, tugas kuliah. dimana-mana yang ada
embel-embel kata “Tugas”-nya mesti bikin sesuatu yang aku suka
mesti jadi berasa lebih sulit. misalnya Aku suka Jogging, trus dikasi
Tugas Jogging sama dosen. itu artinya kita selain harus jogging,
Laporan tentang Per-jogging-an juga kudu Dinilai. dan Jogging kita
dinilai.
Intinya (walaupun mungkin saja aku yang
salah pola pikirnya) Aku selalu males kalo segala sesuatu harus
Di-microssoft word-kan lebih dulu.
Jadi ceritanya, aku ngikut mata kuliah
Videografi pas progsus. dan layaknya mata kuliah progsus lain,
biasanya dikasi tugas aja. dan yang bikin males, di DKV ada tradisi
kalau DI matkul videografi biasanya anak-anak yang pada dapet nilai
bagus pada bikin film Dokumenter. nah lo, dari Nama-nya aja udah
males. Dokumenter!!. siapa yang gak males coba?!
Akhirnya aku nyoba Menghadap pak Gun
dengan Draft Naskah ceritaku sendiri, nge-lobby. segala tehnik
nge-lobby yang aku tau kekerahin. mulai dari ngerayu biasa, pura-pura
maenin rambut, nangis, Buka rok-buka beha, dan semua tehnik yang
diajarin di film-film bokep udah kulaksanakan. dan akhirnya boleh
bikin film cerita.
Cerita yang kubikin sederhana aja sih,
cuman soal seorang superhero lemah syahwat yang berantem sama musuh
bebuyutannya demi sebuah Donat. yah Donat!!. aku juga heran gimana
Draft ngawur gini bisa lolos Sensor-nya pak Gun. Yang jelas ….
Pak Gun Approves |
Pra-produksi
ini proses yang bagi kebanyakan orang
(termasuk Aku) nyebelin banget. di bagian ini naskah diketik dan
storyboard. Dalam kasus-ku sih, malah storyboardnya yang jadi duluan.
Naskahnya malah baru jadi pas filmnya udah FINAL rendering.
Storyboard Snorkel-Man ini bikinnya
pake Software dari Innoventive studio bernama Frameforge
Frameforge 3D studio |
contoh storyboadnya |
Software ini emang dibikin buat
ilustrasi adegan untuk para sutradara/filmmaker yang kebetulan belum
punya tim DOP atau yang ga bisa menggambar sendiri storyboardnya
(FACT: ga semua sutradara/penulis cerita bisa menggambar). atau bisa
juga untuk Makhluk kaya saya yang mau bikin film pendek tapi terlalu
males buat gambar beberapa halaman storyboard.
ehm...intinya Software ini berguna
banget, walaupun susah digunakan pada awalnya. Bahkan software ini
bisa juga buat bikin animasi pendek dari storyboard manager yang udah
jadi.
teorinya, naskah dan storyboard gunanya
buat dijadiin acuan pas shoot dan nyatanya TERBUKTI EMANG MEMBANTU
BANGET!. pas shooting walaupun banyak scene yang dishoot gak urut,
tapi tetep aja semua gambar berhasil keambil. dan ga ada adegan yang
belum keambil.
Produksi
harusnya, sesaat setelah Storyboard
disetujui naskah udah bisa di-take. namun, baru dua bulan kemudian
proses shooting akhirnya kelakon juga. konon hal ini disebabkan waktu
itu aku masih getol-getolnya maen sana-sini. aku secara resmi mangkir
dari tugas. Dan orang yang rencana-nya mau dijadiin tokoh utama juga
keburu kabur ke Batam mencari nafkah. hehe.
Dan...baru dua bulan kemudian juga
akhirnya shooting dengan cast seadanya. ada Ajib sebagai snorkel-man,
Novi sebagai korban, wigih sebagai Goons 1, Aku sebagai Goons 2 dan
Agus sebagai Mr. Dickhead.
Ahhh...Agus. orang yang baik.
dokumentasi syuting |
kostum Snorkel-Man cuman dibikin dari
Sarung tangan, Sepatu Boot kuli bangunan dan Google selam yang
di-Pylox Merah. Trus gak Lupa Sayap-sayapan Ala Superman warna Merah
Nge-jreng. Dijepit dengan Clip kertas di kerah kaosnya Ajib. Cakep
bener.
gak lupa, ngambil gambar buat assets GreenScreen. Green Screen-nya cuman pake kain ijo yang gede dan lighting-nya pake sinar matahari aja. dan terbukti cukup effektif pas Compositting nanti.
Dickhead yg di green screen |
Lokasi syutingnya juga ga jauh-jauh dari lingkungan kampus sendiri. di Rooftop gedung Ekonomi yang sebelahan sama Gedung D7-nya sastra. Yang anehnya, bahkan di sekitaran lingkungan gedung Sastra yang terkenal mahasiswa-nya suka aneh2, kita masi disamperin Satpam juga. untungnya Gambar yang kubutuhin udah keambil semu`.
konsumsi??...seluruh Cast (kecuali
sutradara-nya) di film ini cuman diumpanin sekotak Donat yang
kebetulan juga jadi properti dalam film ini. Tepung dan gula udah
jadi tradisi dan digunakan juragan-juragan tebu Jaman dulu untuk
konsumsi budak pekerja di kebun kopi-nya. gak perlu Nasi dan daging,
apalagi susu. Jenius sekali. d^_^b
Total Waktu Syuting cuman setengah
hari. udah termasuk Ngopi-ngopi dulu sama ngerekrut Cast dadakan.
Post-Produksi
Untungnya bekerja dengan digital
adalah, kita ga perlu proses yang ribet kaya transfer dari Tape mini
DV/DV Ke digital yang satu file-nya aja bisa makan Space puluhan
Gigabyte. apalagi yang kameraku dulu yang pake DVD, beugh!!...kudu
nge-RIP dvd dulu baru bisa dapet data digitalnya. serasa membajak
karya sendiri.
kebetulan aku ngerekam-nya pake DSLR,
jadi tinggal colok Memory-card-nya, copy Paste...Beress!!!
Ini Yang Penting: Jangan burt-buru
nyalain Affter effects, atau Nuke, atau Combustion, atau software
special effek/composite yang lain. Film mentah-nya harus udah jadi
dulu. jadi Aku gaj perlu ribet-mikirin timing pas masukin assets yang
mau dipake pas spesial FX. STRUKTUR FILM-NYA HARUS UDAH BENER DULU
!!.
dan dibukalah Premiere
Nyusun Filmnya Pake pedoman dari
Naskah dan Storyboard (satu lagi pentingnya Storyboard). jadi
editornya gak ngawur pas ngatur adegan dan suara di dalamnya. satu
sequence aja. dirender jadi dua file: Video (Mpeg) dan Audio
(Wav)...Dan Beress!!
selanjutnya, proses yang paling kita suka: ngasih Special FX dan compositting !!
Efek yang ditambahin cuman pas adegan
tendangan-nya snorkel-man sama Agus yang mental terkena ledakan. Buat
green-screennya cuman pake effek Keylight yang udah ada di
aftereffects, gak perlu plugin tambahan dari luar. Sedangkan buat
assets ledakan-nya aku dapetnya dari action essential-nya
videocopilot. Sebenarnya banyak situs yang nyediain assets video
berkualitas dan gratis kaya Detonationfilms. Tinggal dipilih aja
ledakan yang cocok sama video kita.
nambahin ledakan |
Jujur, scene yang paling kunikmatin
banget pas composite-nya ya pas bikin Agus mental itu.
Ahh...Agus!! Kita selalu sayang sama
ini anak.
kalo disuruh bikin cerita Snorkel-Man
lagi. aku bakalan bikin cerita yang lebih ringan. misalnya agus ga
jadi mental di kejauhan, tapi palunya uda dimasukin ke dalam jaket.
trus meledak di badannya agus. trus badannya ancur. kepalanya mental
ke selokan. ususnya terburai kemana-mana. kaki-nya angus kaya tempe
gosong. Limpanya ancur jadi potongan kecil-kecil, trus dikasi buat
makanan kucingnya Edo.
.
..
...
Anyway, gambar dan assets yang uda
pada tempatnya di-Matching-in se-sama mungkin.
dan...Render!!
Selesai??! tentu saja belum...!!
Berhubung output dari aftereffectr
biasanya ukurannya super gede jadi perlu dikecilin lagi.
ku-oper lagi ke Premiere untuk render
ulang biar ukurannya jadi kecil, masukin musik, efek suara buat
ledakan dan lain-lain tadi, dan tentu saja ngasihin Tone buat film
kita.
Render dan Selesai!!
Repot banget yah pake pindah2 software
buat ngedit satu film doing ?!...dulunya aku malah pernah nyobain
kerja langsung satu video di Afftereffects, dan terbukti banyak yang
miss edittingnya. Masalahnya Aftereffects gak Bener-bener Support
sama editing video. Playback-nya aja paling lama sekitar 10 detik-an.
Intinya, lebih baik video yang masuk di after effects adalah video
yang udah ditata struktur adegannya. Biar gak repot.
Kenapa Premiere? Kenapa
Afftereffects?...aku ga bilang kalo kedua software ini yang paling
baik atau gimana. Hanya saja kebetulan aku lumayan bisa kedua
software ini. Aku sendiri punya kopian Nuke di harddisk komputer.
Tapi hingga detik ini, aku belum dapet sumber yang lengkap untuk
mempelajari software ini. Mungkin nanti.
Beberapa orang lebih nyaman menggunakan software lain untuk editing video seperti Edius, Vegas, hingga Ulead. Sedangkan untuk composite, beberapa orang juga lebih enjoy pake Motion, Nuke atau combustion.
Terserah!! Pada prinsipnya kita harus bisa nyaman dengan apa yang kita kerjain. Film pada dasarnya adalah seni bercerita. Yang penting bukan bagaimana kita bisa editing bikin robot besar yang bisa ngancurin bangunan dan penuh ledakan di sana-sini, tapi bagaimana kita bisa menularkan terror-nya ke penonton. bagaimana kita bisa mempengaruhi psikologi orang. Bagaimana penonton bisa mengerti dan masuk ke dalam cerita kita.
...Enjoy!!...
Mulai dengan sesuatu yang sederhana, jangan bikin software membuat semuanya jadi rumit dan merusak apa yang kita sukai.
No comments:
Post a Comment