3.15.2012

The Making Of: BALAGA -- Tanah Jawa

Difficulty: Medium

SUTRADARA:
 - Dian Tri Handoko
-- Ardhi Gunawan Tomagola

CAST 
BALAGA CREW
- LB
- EL NINO
- EL REAL
- OSTREET  STYLELISTIC
- OSV7N TOMAGOLA

ADITTIONAL CAST 
- Alfrejot
- Hris
- Mr.Cuen
- Nin D El
- Calvin
- El Rey
- Aprhiel
- Arya MC
- Once


EDITOR/SFX
- Dian Tri Handoko

Project VC Kedua BALAGA yang aku handle setelah Ale Jago Ka. Musiknya lebih ringan ketimbang Ale jago Ka yang udah muncul duluan. :

intinya, kita ingin video ini (seperti musiknya sendiri)  membawa pesan damai untuk rakyat maluku. jadi kita ingin video ini lebih ringan dan soft dalam konten yang dibawakan. Inspirasi penggambaran di video ini sendiri didapat dari Video-nya Jessie J –Price tag, Guess Who—Locul Potrivit dan sedikit Laruku-Jyoujyoshi

 Waktu shootingnya sendiri ga ada masalah. Yang bikhn lama adalah, waktu editing-nya juga bertepatan dengan waktu PKL. Jadi selain balapan dengan prosessor computer, editing Project ini juga sempet kesalib sam` project weddingnya sandhoz yang kebetulan aku juga videographer-nya. 

akhirnya, menginjak hari H Shoot gambar perdana, Lokasi-nya shoot-nya di Basecampnya balaga di daerah Tlogo Mas. Shooting indoor ini cuman makan waktu dua Malam. Dan sampe sekarang kain green screen-ku insyallah masih nangkring di sana belum ku-ambil-ambil,hehe. 

dokumentasi syuting green screen
 

secara tehnikal, Project ini full green screen. Tehnik yang menarik dan sama sekali baru buatku dan akhirnya butuh berbulan-bulan untuk editing-nya. 

Anyway, video ini baru selesai beberapa bulan sesudah syutingnya. Aku ga inget persis berapa bulan, yang jelas lama. Lebih lama ketimbang ketimbang adegan ranjang-nya Chuck Norris VS kuda stallion. 

untuk scene di kapal laut, ku bikin animasi sederhana di afftereffects dengan assets yang diimport dari photoshop. maenin keyframe di sana-sini, dan...Voila!!


basic animation

selanjutnya, bikinin adegan pas orang-orang ketemu di jalan dan salaman. modelling sederhana tembok bata, peninjuk arah dan tiang besi di Max yang kemudian diimport ke Afftereffects kemudian di composite pake afftereffects. 


intro







Beberapa element dalam video ini walaupun gak banyak-banyak amat juga, melibatkan modeling 3D. misalnya untuk Pas scene-nya LB. Aku perlu Membuat modeling Tank, truck dan Gattling gun sederhana untuk Backgroundnya.
Max Modelling buat Tank, truk dan lain-lain
LB scene



dan juga untuk Scene-nya El Real, aku bikinin modeling pohon sederhana buat BG-nya dan selebihnya digabung dengan tekstur dari photoshop dan tinggal composite di Afftereffects.

El real scene

Sama juga dengan transisi dari Nin d el Ke El Nino. Hasil rendering 3D meja komputer, kursi dan lemari. Diimport ke Afftereffects untuk di-composite dengan elemen lain.


Scene belajar



untuk yg scene-nya Ostreet, pertama aku membuat semacam stage konser dulu dengan dua lampu di kiri kanan dan Background tekstur hitam abu-abu, baru kemudian ditimpa gambar green screen-nya. dan supaya kesannya ga terlalu kosong, kutambah elemen penonton di depannya. 
Ostreet Scene
 

selebihnya, hanya green screen biasa yang ditambah layer base putih dan layer gradasi biru ke putih sebagai backgroundnya.

Ostreet scene 2


Sedangkan untuk scene-nya El Nino jauh lebih simpel, model 3D rak buku dirender sebagai file asli dan ambient Occlusion-nya. kemudian diimport ke afftereffects untuk dicomposite bersamaan sama file video greenscreenn-nya. ambient occlusionnya berguna untuk memudahkan pewarnaan dan menyaring shadow yang berlebihan. 
El Nino scene

selanjutnya untuk bagian lirik " Kota malang tempat katong pung masa depan", aku bikinin semacam scene 3D di dalam afftereffects yang cuman kugerak2in kamera di dalamnya dengan bantuan dua buah dummy/null object. satu untuk gerakan kameranya dan satu lagi untuk rotasi kameranya. 
3D camera di Afftereffects


gambar yang digunakan di sini adalah penggambaran/ilustrasi legenda tentang tokoh orang suci, malaikat dan dewa dari berbagai kepercayaan. 



Angels, prophets and Gods picture, taken from various beliefs and religion


 kurang lebih seperti itu prosesnya...


sebenarnya gak susah-susah amat, yang penting mau ribet import file PNG di sana-sini. ehm...dan yang sabar kalo balapan sama prosesor komputer yang lemot.


TIPS: eh iya, usahakan pada saat pengambilan gambar green screennya untuk seterang mungkin. lebih recomended untuk menggunakan cahaya matahari yang lebih rata sifatnya. jujur di videoclip ini masih banyak salah tata cahaya yang akhirnya perlu ditambal disana-sini pas bagian editting. yah semua orang khan belajar dari kesalahan,  toh kita geraknya maju terus, gak berkembang di tempat. hehe

yang perlu diinget juga usahakan semua file dan assets yang digarap berada di satu folder yang sama. supaya file-nya gak carut marut bila dipindah ke komputer lain yang belum tentu software-nya sama versinya.

dan, ini hasil jadinya...Enjoy!!



















2 comments: